Home » , » Cara Mencegah Asma

Cara Mencegah Asma

Cara Mencegah Asma
Asma adalah salah satu gangguan pada saluran pernapasan yang mengakibatkan penderita mengalami kesulitan untuk bernapas. Asma dapat terjadi karena beberapa faktor, diantaranya debu atau polusi, lelah fisik, stres dan depresi, atau karena faktor keturunan. 

Penyakit asma sulit disembuhkan, namun bisa dicegah agar tak sering kambuh. Berikut beberapa cara mencegah asma yang bisa Anda lakukan mulai dari sekaranG.

Inilah 4 Cara Mencegah Asma Yang Ampuh

Cara Mencegah Asma
1. Hindari tempat berpolusi tinggi dan paparan asap rokok.
Menghindari tempat berpolusi seperti jalan raya padat atau lapangan terbuka bisa menjadi salah satu cara mencegah asma. Udara yang kotor bisa menyebabkan peradangan saluran pernapasan dan meningkatkan resiko asma.

Selain polusi, paparan asap rokok juga sering disebut sebagai pemicu asma. Kandungan zat berbahaya dalam asap rokok dapat memicu berbagai gangguan pernapasan termasuk asma, dalam tingkat yang lebih serius, asap rokok bahkan dapat menimbulkan kanker paru-paru.
 

Salah satu cara untuk meminimalisir efek buruk paparan polusi dan asap rokok adalah dengan menggunakan masker ketika kita bepergian di tempat terbuka dan tempat umum.

2. Kurangi melakukan pekerjaan berat yang membutuhkan tenaga fisik ekstra.
Salah satu batasan bagi penderita asma adalah tidak bisa menjalani tugas fisik yang berat. Karena adanya gangguan dalam saluran pernapasan, penderita asma bisa cepat merasa lelah dan berujung pada sesak napas. Selain itu, cara mencegah asma lainnya adalah dengan menghindari kebiasaan menunda-nunda dan menumpuk pekerjaan, karena hal itu bisa menimbulkan stres dan memicu asma untuk kambuh.
 

Hindari kegiatan seperti sering membawa barang berat, kegiatan fisik outdoor di tempat berdebu, dan kegiatan lain yang memforsir tenaga. Jika memang harus bergerak aktif, usahakan untuk meluangkan waktu istirahat untum sekedar mengatur napas.

3. Hindari makanan dan minuman pencetus asma.
Cara mencegah asma yang ketiga adalah dengan mencegah dari dalam. Perhatikan asupan yang kita makan sehari-hari, beberapa makanan bisa menimbulkan alergi dan memicu kambuhnya asma. Makanan dan minuman seperti es, coklat, kacang, udang, dan berbagai makanan yang mengandung banyak MSG sebaiknya dihindari oleh penderita asma.
 

Makanan dan minuman tersebut bisa menimbulkan rasa tak nyaman di tenggorokan, kemudian menimbulkan alergi dan tubuh akan memberikan reaksi berupa batuk-batuk. Batuk inilah yang akan mempersulit napas penderita asma, sehingga menimbulkan sesak napas. Makan makanan sehat seperti buah dan sayuran tentu lebih direkomendasikan bagi para penderita asma.

4. Biasakan melakukan kegiatan-kegiatan terapi asma.
Tahukah Anda bahwa asma bisa diterapi agar paru-paru bisa lebih kuat dan tak sering kambuh? Salah satu kebiasaan yang dapat menjadi cara mencegah asma adalah dengan rutin berenang. Gerakan dalam berenang dapat membuat paru-paru merasa lebih lega dan lapang.

Selain berenang, cara asyik lainnya untuk menerapi asma agar tak sering kambuh adalah dengan rutin pergi ke pantai di pagi hari. Asma disebabkan oleh menyempitnya saluran pernapasan, dengan menghirup udara pantai di pagi hari bisa membantu paru-paru terasa lebih ringan dan lapang. Udara pantai sendiri dapat membantu melancarkan sirkulasi pernapasan pada para penderita asma.

Terakhir, rutin melakukan yoga juga direkomendasikan untuk para penderita asma. Karena dengan yoga, kita bisa menenangkan pikiran, meredakan stres, sekaligus mengatur pernapasan. Cara lainnya adalah dengan herbal melia propolis. Manfaat melia propolis ampuh untuk mengatasi sakit asma anda. Harga melia propolis bisa anda tanyakan langsung kepada kami karena kami adalah member resmi PT MSS yang menjual produk melia propolis dan juga melia biyang spray.

Itulah beberapa contoh cara mencegah asma dan juga mengobatinya. Memiliki gangguan pernapasan bukan berarti halangan untuk tetap bergerak aktif. Semua tergantung pada diri kita sendiri untuk sebisa mungkin menjaga tubuh agar terhindar dari kambuhnya asma. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

KLIK OTOMATIS





HARGA MELIA BIYANG TERBARU

1 Botol Melia Biyang : 500.000 Rp. 250.000,-

2 Botol Melia Biyang : 1000.000 Rp. 500.000,-

3 Botol Melia Biyang : 1.500.000 Rp. 750.000,-

4 Botol Melia Biyang : 2.000.000 Rp. 1.000.000,-

CARA PEMESANAN