Home » » Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Pandan

Daun yang memiliki aroma khas ini tentunya tidak asing lagi di kaum ibu-ibu karena seringkali digunakan sebagai bahan masakan.Yap, daun pandan dengan aromanya yang wangi ini biasanya dipakai sebagai penambah aroma dan rasa dalam masakan, misalnya kolak pisang.

Perlu anda ketahui daun pandan ini tidak hanya bisa digunakan untuk masakan saja, namun memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan diantaranya mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, mengatasi demam, pegal linu, dan rematik. Sedangkan kegunaan daun pandan untuk kecantikan seperti mengatasi rambut rontok, mengurangi ketombe, sampai membuat rambut anda lebih hitam.


Tentunya dengan pengolahan yang benar agar manfaat yang dihasilkan bisa lebih maksimal. Khusus untuk mengatasi darah tinggi, akan lebih baik menggunakan produk herbal berkualitas yang miliki yaitu herbal melia propolis. Propolis melia ini sangat ampuh dan banyak memberikan bukti. Untuk harga propolis melia juga sudah kompetitif sehingga bisa dijangkau oleh orang banyak.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Masih banyak lagi manfaat yang bisa anda manfaatkan dari daun pandan ini yang perlu anda ketahui seperti :
 

1.    Menambah Nafsu Makan.
Cuci 2 lembar daun pandan dan potong kecil-kecil. Selanjutnya, rebus dengan takaran kurang lebih 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum 2 kali sehari untuk meningkatkan nafsu makan.
 

2.    Mengatasi rematik dan pegal linu.
Ambil 3 lembar daun pandan dan iris tipis-tipis lalu seduh bersama dengan setengah gelas minyak kelapa yang telah dipanasi dan dicampur dengan minyak kayu putih. Oleskan pada bagian tubuh yang sakit.
 

3.    Mengobati Panu.
Haluskan sebanyak satu genggam daun pandan dan peras untuk diambil airnya. Campurkan dengan garam untuk diminum satu hari sekali secara rutin untuk merasakan manfaat daun pandan dalam mengobati panu.
 

4.    Mengatasi Sembelit.
Anda bisa membuat jus pandan, teh dengan daun pandan atau rebusan air daun pandan dan minum selagi hangat.

Beberapa kegunaan daun pandan seperti yang disebutkan di atas untuk kesehatan memang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Karena biasanya daun pandan selain digunakan untuk menambah aroma dan rasa pada masakan, juga menghilangkan bau di sekitar rumah. 


Di dalam lemari makanan, kulkas, atau tempat dan sudut rumah lain yang berpotensi menimbulkan bau. Manfaat daun pandan lainnya ternyata juga bisa digunakan untuk perawatan tubuh dan sebagai kecantikan.

Kebanyakan daun pandan ini memang digunakan untuk perawatan rambut seperti mengatasi ketombe, menghitamkan rambut, dan mengatasi rambut rontok. 


Anda bisa menggunakan daun pandan sebagai bahan alami dibandingkan dengan menggunakan berbagai macam produk untuk perawatan rambut yang belum tentu ampuh mengatasi masalah rambut. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meracik daun pandan sebagai ramuan yang berguna untuk masalah rambut.

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ketombe dengan menggunakan daun pandan yaitu menghaluskan kurang lebih 10 lembar daun pandan.Anda bisa memakai blender atau menumbuknya hingga halus.Setelah itu, tambah setengah gelas air dan aduk hingga merata.


Balurkan ke seluruh rambut sampai kulit kepala dan biarkan sampai kering dan bilas dengan air bersih setelahnya.Lakukan sampai ketombe anda hilang.

Sedangkan untuk membuat rambut tampak lebih hitam anda bisa menggunakan air rebusan daun pandan.Siapkan 10 lembar daun pandan dan rebus dengan 1 liter air sampai airnya berubah menjadi warna hijau.Gunakan seminggu 3 kali secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Manfaat daun pandan untuk mengatasi rambut rontok sama dengan cara sebelumnya yaitu menggunakan air rebusan daun pandan dibalurkan kepala dan diamkan semalam penuh.

0 komentar:

Posting Komentar

KLIK OTOMATIS





HARGA MELIA BIYANG TERBARU

1 Botol Melia Biyang : 500.000 Rp. 250.000,-

2 Botol Melia Biyang : 1000.000 Rp. 500.000,-

3 Botol Melia Biyang : 1.500.000 Rp. 750.000,-

4 Botol Melia Biyang : 2.000.000 Rp. 1.000.000,-

CARA PEMESANAN