Home » » Manfaat Kacang Kedelai Sebagai Produk Olahan

Manfaat Kacang Kedelai Sebagai Produk Olahan

Manfaat Kacang Kedelai
Halo para pecinta kuliner tanah air. Ada gak sih dari kalian yang tidak suka makan? Hm… yakin deh pasti semua suka makan. Apa lagi kalo menu yang disajikan rasanya enak dan mantap, pasti sampai nambah hehe. Ayo jujur deh, siapa yang biasanya seperti itu? Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki berbagai jenis makanan yang semuanya harus dicicipi. Indonesia memang memiliki berbagai jenis makanan yang tersebar dai sabang sampai merauke dengan ragam jenis yang berbeda.

Namun dari semua jenis makanan yang ada di Indonesia, ada nih salah jenis makanan olahan kacang yang sangat umum sekali untuk ditemui dan selalu tersedia ketika Anda berbelanja di pasar, yup tempe. Tempe sudah menjadi makanan umum yang hampir selalu tersaji di setiap meja makan orang-orang indonesia. Tempe adalah makanan hasil olahan kedelai yang difermantasi dengan bakteri aspergillus oryzae.

Namun kali ini bukan tempenya yang akan dibahas, tetapi bahan bakunya, yup, si kedelai. Sudah banyak kita ketahui bahwa kedelai mampu dialeh menjadi berbagai macam porduk olahan yang menarik dan enak untuk dimakan. Mau tau apa saja jenis olahan yang berasal dari kacang kedelai, nih ayo simak manfaat kacang kedelai sebagai produk olahan.
   

Manfaat Kacang Kedelai Sebagai Produk Olahan

Manfaat Kacang Kedelai

Kacang kedelai mampu diolah menjadi apapun. Tidak ada habisnya jika membicarakan kedelai. Kedelai mampu diolah tidak hanya menjadi makanan, namun juga minuman, bumbu, bahkan kue atau camilan. Pernah kah Anda menduga kedelai bisa diolah menjadi beberbagai macam olahan? Penasaran? Simaklah uraian berikut mengenai manfaat kacang kedelai sebagai produk olahan.

1.    Produk Olahan Makanan
Sebetulnya tanpa perlu diolah, kedelai sudah bisa dimakan. Caranya adalah dengan dikukus. Setelah kedelai lunak, kedelai bisa langsung dimakan, itu juga sudah enak. Kalo di Jepang namanya Edamame. Orang jepang biasa makan kedelai tanpa perlu diolah dan hanya dikukus saja dan langsung dimakan. Namun untuk produk olahan pangan dari kedelai, paling umum biasanya diolah menjadi tempe seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, serta pasangannya yang berwarna putih, ya, tahu. 


Pasti sudah tidak asing. Hampir di setiap warung makan seluruh indonesia pasti menyediakan lauk tempe dan tahu. Hebat bukan, seperti sudah menjadi budaya bagi masyaraka menghidangkan lauk tempe dan tahu di atas meja makan. Kedelai juga biasa diolah menjadi oncom, namun yang paling booming dari dulu hingga sekarang adalah tempe dan tahu.

2.    Produk Olahan Minum
Kalo untuk produk minuman, Setiap orang pasti sudah mengentahui apa itu “sule”. Tapi sule yang kali ini bukan pelawak Entis “Sule” Sutisna yang ada ada di TV itu loh ya. Sule hasil olahan kedelai ini maksudnya susu kedelai. Ya, susu kedelai maksudnya. 


Meskipun kedelai merupakan biji-bijian, namun kedelai juga bisa menghasilkan susu, bukan hanya hewan mamalia dan manusia saja loh. Susu kedelai bukan menjadi barang langka lagi bagi setiap orang yang mengonsumsinya. Sule dapat ditemui dimana saja seperti di pasar, di supermarket, di mall-mall besar bahkan biasanya ada orang yang menjajakan juga dipinggir jalan.

3.    Produk Olahan Bumbu
Selain produk makanan dan minuman, kedelai juga bisa diolah menjadi bumbu. Kedelai bisa diolah menjadi kecap serta tauco. Paling umum orang-orang biasa menggunakan kecap dari pada tauco. Karena memang kecap lebih familiar dan lebih cocok bagi lidah orang Indoesia. Kecap biasa ditambahkan ketika makan bakso, gorengan, nasi goreng, serta masih banyak lagi.
   
Namun, tanpa anda sadari ternyata kacang kedelai memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas. Kacang kedelai berguna untuk memperbaiki sel-sel yang telah mat menjadi sel-sel baru. Namun dengan kacang kedelai kurang optimal diperlukan suplemen yang dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. 


Suplemen yang kami miliki yang layak untuk anda konsumsi untuk dapat menangkal radikal bebas adalah suplemen propolis melia. Produk ini berasal dari air liur lebah dan khasiatnya yang sudah banyak yang merasakannya langsung. Untuk mendapatkan produk propolis melia, anda bisa mendapatkan dari kami langsung, kami memberikan harga propolis melia yang jauh lebih terjangkau.

Itulah beberapa uraian mengenai manfaat kacang kedelai sebagai produk olahan. Di masa yang akan datang bisa jadi kedelai memiliki lebih banyak jenis produk olahan, kita tunggu saja. Atau ada dari Anda yang mau berekperimen untuk menambah produk hasil olahan kedelai?

0 komentar:

Posting Komentar

KLIK OTOMATIS





HARGA MELIA BIYANG TERBARU

1 Botol Melia Biyang : 500.000 Rp. 250.000,-

2 Botol Melia Biyang : 1000.000 Rp. 500.000,-

3 Botol Melia Biyang : 1.500.000 Rp. 750.000,-

4 Botol Melia Biyang : 2.000.000 Rp. 1.000.000,-

CARA PEMESANAN